Thursday, November 19, 2015

Resep Cara Membuat Nagasari Nangka Enak

Resep cara membuat nagasari nangka enak  merupakan kue tradisional yang sangat populer di indonesia, kue yang satu ini sudah sangat mendarah daging dikalangan masyarakat jawa, karena kue yang satu ini bisa dibilang menjadi kue yang tidak pernah ketinggalan ketika ada acara - acara yang sakral seperti acara pernikahan, khitanan dan acara - acara lainnya. kue ini terbuat dari tepung beras, kue ini memiliki ciri khas yaitu kue ini biasanya dibungkus dengan daun pisang muda, dalam pembuatannya pun juga cukup mudah dan tidak terlalu sulit juga.

Kue ini mudah sekali ditemukan di pedagang nagasari pada sore hari di pasar - pasar tradisional, tetapi ketika bulan puasa kue nagasari nangka sering di peruntukan sebagai menu berbuka puasa karena itu sangat banyak sekali yang menjualnya, hampir disetiap pinggir jalan di kota - kota banyak yang jualan takjil dan pasti ada yang jualan kue basah nagasari nangka ini.  kue ini memiliki rasa yang enak dan nikmat dan nangka yang juga begitu enak dan manis membuat rasanya sangat menarik, memang sangat bermacam - macam kue basah nagasari yang sangat populer dan pada umumnya kue basah nagasari dari pisang dan nangka. dalam pengolahan baik isi nangka maupun pisang atau lainnya sama saja, di lain daerah bisa jadi namanya berbeda-beda dan isinya pun ada yang ditambah beberapa bahan ciri khas daerah masing - masing namun yang spesial adalah nagasari nangka.

Apalagi di sajikan pada saat dingin dan kita simpan didalam kulkas atau lemari pendingin rasanya pun akan tambah lebih nikmat, enak dan lezat. mungkin kita memang sebelumnya juga sudah belajar beraneka macam kue basah yang juga lembut dan enak diantaranya ada resep kue lumpur, resep kue cubit, dan lainnya.


Kue Nagasari

 Resep Cara Membuat Nagasari Nangka Enak

Bahan - bahan :       
  • 150 gram buah nangka
  • 1 liter santan, dari 1 buah kelapa
  • 125 gram gula
  • 1 sendok teh garam
  • 300 gram tepung beras
  • 2 sendok teh air kapur sirih
  • daun pisang sebagai pelapisnya

Cara Membuatnya :
  1. langkah pertama siapkan bahan yang akan di butuhkan, ambil nangka dan potong buahnya kecil-kecil dan sisihkan kemudian langsung rebus santan lebih dulu sampai hangat dan mendidih.
  2. Ambil wadah, letakkan tepung berasnya bersamaan dengan gula, garam dan juga air kapur sirih, campur kemudian aduk dan tuangkan santan yang masih hangat. aduk terus sampai adonannya nampak sedikit encer.
  3. Masak adonan sampai mengental ( pastikan di aduk-aduk terus supaya tidak menggumpal ). kemudian matikan api dan masukkan potongan nangkanya kemudian aduk hingga rata.
  4. Ambil daun pisang secukupnya kemudian ambil 2 sendok makan adonan nagasarinya dan setelah itu bungkus rapat-rapat dengan daun pisangnya, lakukan hingga seluruh adonan habis semua.
  5. Kukus adonan yang sudah di bungkus tadi hingga matang, kurang lebih sekitar 30 menit saja. kemudian bisa langsung di sajikan, akan tetapi bisa juga di simpan ke dalam kulkas atau lemari pendingin agar rasanya semakin lebih enak.

Baca Juga : Resep Kue Bolu Karamel

Nah demikianlah sedikit Resep cara membuat nagasari nangka enak dari kami semoga bermanfaat, dan nantikan juga resep lainnya yang akan kami suguhkan dalam postingan yang akan datang. terimakasih dan selamat mencoba

Artikel Terkait

Resep Cara Membuat Nagasari Nangka Enak
4/ 5
Oleh